JTK Polban kembali menorehkan prestasi di kancah nasional, kali ini dengan raihan Juara 2 Cipta Inovasi pada ajang KMIPN di Politeknik Caltex Riau, 11 – 12 September 2019. Prestasi ini diraih oleh Tim “HOLIDAY” yang beranggotakan Rico Joviandri Inpirano (171511024), Egi Nurfikri(171511006), dan Mochamad Dava Harvella(171511016). 

Kompetisi Mahasiswa bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BAKORMA) Politeknik untuk mahasiswa Politeknik se-Indonesia. KMIPN diharapkan dapat mengajak serta mendorong kreativitas mahasiswa Politeknik seluruh Indonesia untuk dapat berperan serta dalam mendukung tercapainya masyarakat yang smart dan bermartabat. 

Memasuki tahun keduanya di 2019, KMIPN menyelenggarakan 8 bidang kompetisi. Tercatat, sebanyak 121 tim dari 21 Politeknik se-Indonesia hadir di babak final untuk memperebutkan gelar juara. JTK sendiri mengirimkan 16 wakilnya ke babak final.

Tim “HOLIDAY” berhasil memenangkan kompetisi ini berkat gagasan mereka yang berjudul “ARDINO”. Ardino adalah aplikasi untuk menampilkan proyeksi hewan purba berdasarkan citra fosil yang diinginkan lewat teknologi AR dengan bantuan Vuforia SDK. Teknologi ini bekerja dengan membaca pola dan menentukan citra yang harus di marker dan markerless lalu menampilkan gambar tertentu sesuai pola yang terbaca.

Rico selaku perwakilan tim Holiday berpesan agar mahasiswa selalu percaya diri saat mengikuti berbagai perlombaan dan mempersiapkan segalanya dengan matang agar dapat meraih hasil maksimal. “Kuasain semua ruang lingkup aplikasinya, lalu kalo ditanya saat presentasi ga boleh ragu, karena kalo ragu kita jadi keliatan ga percaya diri”