TIm Buah hati

Selasa (22/9), Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer dan Informatika berhasil memperoleh prestasi di program Nyatakan.id yang diadakan oleh Kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif. Program Nyatakan.id ini bertujuan untuk mewujudkan ide kreatif berupa aplikasi dan permainan digital dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru, social distancing. Sasaran dari program ini terbagi menjadi tiga kategori yakni masyarakat, badan usaha, serta organisasi masyarat yang bergerak dalam bidang parawisata dan ekonomi kreatif.

Program Nyatakan.id kali ini diikuti oleh 500 tim pendaftar, namun hanya terdapat 161 proposal yang masuk untuk dilombakan. Salah satunya adalah proposal yang diserahkan oleh tim dari Jurusan Teknik Komputer dan Informatika ini yang terdiri dari:

  1. 181511047 Ikhsan Setiawan
  2. 181511059 Nadira Arasya
  3. 181511032 Salma Meldiyana
  4. 181511002 Adhitya Febhiakbar

Sesuai dengan tema yang diberikan oleh pihak Nyatakan.id yaitu dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru, tim Ikhsan dkk berencana membuat aplikasi mobile yang bernama Buah Hatiku. Inovasi mengenai aplikasi Buah Hatiku bermula ketika banyaknya posyandu yang terpaksa ditutup untuk alasan kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Aplikasi Buah Hatiku ini diharapkan dapat membantu orangtua dalam pencatatan dan pengawasan pertumbuhan anak secara mandiri tanpa harus pergi ke posyandu.

Proposal dengan judul Buah Hatiku ini berhasil mencapai peringkat 9 dari 161 proposal. Tentu pencapaian ini patut kita apresiasi, mengingat untuk mencapai peringkat 12 saja membutuhkan usaha yang tidak sedikit serta melalui proses yang panjang dalam tahap seleksi mulai dari pengecekan proposal hingga tahap wawancara dan presentasi.

Setelah lolos, Ikhsan bersama dengan tim-nya berencana untuk melanjutkan development aplikasi Buah Hati agar dapat digunakan oleh banyak orang. Mereka lakukan hal itu karena sadar bahwa permasalahan selalu muncul dekat dalam kehidupan sehari-hari, bahkan pada hal yang sederhana. Tidak perlu membuat aplikasi yang sangat canggih, sekecil apapun itu selagi berguna bagi orang banyak maka hal itu sudah lebih dari cukup.