Sabtu (22/6/2019) tim “LetkolMuntu” yang beranggotakan 3 mahasiswa JTK, Irsyad Farhan Ramadhan (D4/2016), Annazar Darul Ismawan (D4/2017), dan M Alvie Irvansyah (D4/2017), bersama pembina Yudi Widhiyasana, S.Si., M.T. berhasil menjadi juara ke-4 pada kompetisi pemrograman bertajuk ACM-ICPC Provincial Ideafuse 2019 di STMIK Mikroskill Medan, Sumatra Utara. ¬†

ACM-ICPC sendiri merupakan kompetisi pemrograman tingkat dunia yang telah berlangsung selama lebih dari 14 tahun. Penyelenggaraannya dilakukan berjenjang, mulai dari tingkat nasional, regional, sampai ke tingkat dunia. Kali ini, tim dari JTK berhasil menjadi juara 4 dan berhak melaju ke tingkat asia. Juara 1 – 3 diraih oleh tim tuan rumah, ITB, dan Binus.

Kiprah JTK di kompetisi ICPC sudah dimulai sejak berdirinya prodi D4 yaitu tahun 2009, namun belum pernah ada yang berhasil meraih juara. Barulah di tahun 2019 JTK berhasil unjuk gigi di kompetisi ini dengan raihan juara.

Tim LetkolMuntu berhasil menyelesaikan 9 dari 11 soal yang diberikan. Mereka mengaku kalau soal-soal yang diberikan kebanyakan bertopik logika, ad-hoc, dan djikstra.

Perjuangan mereka untuk menjadi juara tidaklah mudah. Selama kurang lebih 2 bulan, tim ini berlatih secara intensif agar meraih hasil maksimal. Seperti kata pepatah, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Latihan berat pun berbuah juara dan tiket untuk melaju ke babak selanjutnya.

Alvie sebagai salah satu anggota tim berpesan kepada mahasiswa lain yang ingin mengikuti jejaknya, agar rajin berlatih soal-soal competitive programming, “yang penting rajin latihan saja”, begitu ujarnya.

Selamat kepada para juara, semoga menjadi inspirasi bagi yang lain !