JTK bermula pada tahun 1977 saat Institut Teknologi Bandung mendirikan pendidikan D3 di bidang teknologi informasi yang bernama Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer (PAT-JPK). Kemudian, PAT-JPK beralih menjadi Jurusan Teknik Komputer Politeknik ITB. Beberapa peristiwa penting sejak terbentuknya JTK-Politeknik ITB:

  1. Tahun 1989, berdasarkan SK Rektor ITB No. 203/SK/PT07.H/1/1989, semua pendidikan diploma di lingkungan ITB harus berada di bawah institusi Politeknik ITB. Kemudian PAT-JPK ITB dialihkan ke Politeknik ITB dan namanya menjadi Jurusan Teknik Komputer Politeknik ITB (JTK-Politeknik ITB).
  2. Tahun 1994, JTK mendirikan PATI (Pendidikan Aplikasi Teknologi Informatika). PATI kemudian menjadi kelas ekstensi sore hari dan saat ini seluruhnya telah melebur ke dalam kelas reguler JTK.
  3. Tahun 1995 (sampai sekarang), berdasarkan SK Rektor ITB, dosen-dosen JTK diberi tugas untuk memberikan bantuan pengajaran kepada Jurusan Teknik Sistem Informatika STT Telkom Bandung.
  4. Tahun 1996, JTK membangun stasion radio paket untuk akses jaringan komputer/internet untuk pemakaian internal di jurusan. Tahun 2001, JTK membangun backbone jaringan serat optik untuk memperlancar komunikasi se-kampus POLBAN, dan terakhir JTK juga membangun stasiun internet waveLAN.
  5. Tahun 1997, berdasarkan SK Mendikbud, Politeknik ITB berubah nama menjadi Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Inisial JTK-Politeknik ITB kemudian menjadi JTK POLBAN, dan sejak saat itu statusnya tidak lagi di bawah ITB, tapi telah mandiri sebagai suatu Perguruan Tinggi Negeri yang langsung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Tahun 1998, berdasarkan SK Mendikbud, nama jurusan berubah menjadi Jurusan Teknik Komputer dan Informatika (JTKI). Namun karena telah demikian familiar, inisial jurusan tetap JTK POLBAN dan bukan JTKI-POLBAN.
  7. Tahun 2000, JTK mulai mengembangkan Sistem Pendidikan dan Kurikulum Berbasis Kompetensi, antara lain dibutuhkan untuk mengantisipasi kebutuhan lapangan kerja yang profesional dan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat.
  8. Tahun 2001, pengajuan proposal JTK disetujui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga mendapat kepercayaan memperoleh dana hibah untuk Proyek Pengembangan Manajemen Pendidikan Tinggi (Development Undergraduate for Education – DUE-Like) sebesar 1,4 milyar untuk periode tahun 2001—2005.
  9. Tahun 2001 (sampai sekarang), beberapa dosen JTK diberi tugas untuk menjadi asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  10. Tahun 2002—2005, berdasarkan SK Direktur POLBAN, JTK diberi tugas untuk memberikan bimbingan/bantuan dalam pembentukan dan pengelolaan Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Pos Bandung.
  11. Tahun 2005, pengajuan proposal JTK disetujui oleh Dikti sehingga mendapat kepercayaan memperoleh dana hibah kompetisi A3 sebesar 2,4 milyar untuk periode tahun 2006—2008.
  12. Tahun 2007, program studi D3 Teknik Informatika mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT.