Kamis – 2 Mei 2019, Sebanyak 27 mahasiswa Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Polban angkatan 2017 berkunjung ke PT Indonesia Indikator (EBDesk Group). Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kuliah tamu yang dibawakan oleh perwakilan dari EBDesk Group beberapa waktu yang lalu. Bersama dua orang dosen pembimbing, yaitu ibu Rahil Jumiyani, S.ST., M.Sc. dan ibu Santi Sundari, M.T. , rombongan tiba di lokasi pukul 10.00 WIB.

Acara dibuka dengan sambutan oleh pak Jamal yang berperan sebagai MC sekaligus HRD dan dilanjutkan dengan penjelasan company profile oleh ibu Yanti Sartika. Peserta terlihat antusias mendengarkan materi yang disampaikan di auditorium perusahaan tersebut.

PT Indonesia Indikator sendiri merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis untuk pengambilan keputusan menggunakan big data dan artificial intelligence. Mahasiswa JTK Polban berkesempatan mengunjungi cabang PT ini di Jl. H Rasam No 96, Parigi Baru, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan.

Sesuai dengan fokus kajian, peserta juga dibekali materi-materi yang terkait dengan AI seperti “Artificial Intelligence For Analysis System” oleh Pak Adi, lalu “AI Research” oleh Pak Tomo, dan Mas Uno yang membawakan topik seputar Data Scientist.

Acara ditutup dengan motivasi seputar dunia industri oleh Pak Adrian selaku alumni yang berkarir di perusahaan tersebut. Beliau berpesan agar setiap mahasiswa JTK mempunyai 3 sikap, yaitu (1) rajin bereksplorasi, (2) tidak cepat puas, dan (3) pantang menyerah. “Sikap yang jangan sampai menyerah, jangan puas dengan apa yang temen-temen punya, dan eksplor kencengin”, begitu ujar beliau.

Kegiatan kunjungan industri ini merupakan kali kedua bagi mahasiswa D4 angkatan 2017, salah satu tujuan pelaksanaanya adalah untuk mendukung matakuliah Proyek 2 yang tengah dihadapi pada semester ini. Harapan setelah kegiatan ini dilaksanakan adalah mahasiswa dapat memahami secara utuh bidang AI beserta implementasinya, sehingga teori yang telah didapatkan selama perkuliahan dapat diketahui beberapa hasil produknya pada dunia nyata.