Pada hari Jum’at, 31 Juli 2015, telah berlangsung aptitude test untuk para pendaftar Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) Politeknik Negeri Bandung tahun akademik 2015/2016 yang memilih program studi dari JTK, baik D3 Teknik Informatika maupun D4 Teknik Informatika.

Meski baru dimulai pukul 08.00 WIB, para peserta sudah memadati area Pendopo Agung POLBAN tempat dilaksanakannya aptitude test sejak pukul 06.30 WIB. Mereka kemudian melihat-lihat denah tempat duduk yang dipasang oleh panitia di depan Pendopo Agung. Sisanya memilih duduk-duduk di teras Pendopo. Di antaranya adalah Fariq Fauzan dan Endah Permatasari dari SMAN 9 Bandung.

Ditemui di teras Pendopo sebelum aptitude test dimulai, Fariq mengaku sudah berminat sejak lama di dunia informatika. “Saya memang tertarik ke dunia¬†software dan jaringan komputer sejak lama,” katanya. Sementara itu, Endah mengaku mendaftarkan diri karena dorongan keluarga. “Terutama, karena ada keluarga yang juga orang informatika,” ungkapnya.

Lain halnya dengan Alfuadi, salah satu orang tua peserta yang datang dari Jambi bersama istri dan anaknya. “Saya mendengar dan mendapat informasi kalau output lulusan POLBAN memiliki reputasi yang baik di perusahaan-perusahaan,” ujarnya ketika ditemui saat aptitude test berlangsung. Selain itu, anaknya yang bersekolah di salah satu madrasah aliyah di Indramayu ini pun memiliki ketertarikan di dunia informatika sejak lama.

Aptitude test berakhir pada pukul 11.30 WIB setelah rangkaian tes yang dipandu oleh tim pengawas dari JTK. Salah seorang peserta, Ahmad Muhsinudiin dari SMAN 1 Margaasih mengaku tidak mengalami kesulitan berarti ketika mengerjakan soal yang diberikan. “Tidak terlalu susah,” jawabnya ketika diwawancarai. “Saya memang sering latihan.¬†Hobi saya juga di dunia informatika, jadi cita-cita saya memang di dunia ini.”

Peserta lainnya, Leonie M. Windari dari SMAN 13 Bandung mengaku memiliki kesulitan tersendiri. “Soal yang terakhir susah,” ujarnya. Tapi ia mengaku tetap semangat meski masih ada tes SMB keesokan harinya. Ketika ditanya kenapa mendaftarkan diri ke program studi Teknik Informatika, ia mengaku dunia informatika cukup seru untuk diselami.

aptitude-2015-peserta

Dari kiri ke kanan: Endah, Fariq, Leonie, dan Muhsin.

Pada SMB tahun ini, program studi D3 Teknik Informatika diminati oleh 343 pendaftar, sementara program studi D4 Teknik Informatika diminati oleh 379 pendaftar. 722 pendaftar ini memperebutkan jumlah kursi yang tidak banyak di JTK, dengan total 96 kursi yang setengahnya sudah terisi dari pendaftar PMDK. (MS)

Foto utama: suasana ketika aptitude test berlangsung di Pendopo Agung.