Kamis, 25 April 2019 telah dilaksanakan kegiatan kuliah umum ke 3 tahun ini di Jurusan Teknik Komputer dan Informatika (JTK) – Politeknik Negeri Bandung (Polban). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Serba Guna(RSG) JTK, dan ditujukkan untuk tingkat satu baik program studi D4 maupun D3. Pemateri pada kuliah umum tersebut adalah Muhammad Saiful Islam (Software Engineer in Performance and Realibility di PT.Bukalapak.com). Ia juga merupakan salah satu alumni D4 Teknik Informatika – Polban.

Sambutan pembuka diberikan oleh salah satu dosen di Jurusan Teknik Informatika yaitu Ibu Ani Rahmani, M.T. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi bertemakan “A Glimpse Into Our Future” yaitu pembahasan mengenai masa depan mahasiswa jurusan teknik informatika.

Materi dimulai dengan diskusi antara pemateri dengan peserta yang hadir mengenai masa depan serta cita-cita peserta sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Informatika. Teknologi merupakan pendukung bagi kehidupan kita dan sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika tentunya banyak hal yang dapat dilakukan dalam menciptakan teknologi sebagai pendukung kehidupan. Betapa menariknya masa depan bagi mahasiswa jurusan teknik informatika. Peran sebagai lulusan teknik informatika pun begitu bermacam-macam, beberapa bidang diantaranya berupa mobile internet, internet of things hingga teknologi Cloud. Mahasiswa jurusan teknik informatika perlu segera memilih perannya untuk masa depan.

Saran lain dari pemateri yakni beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk masa depan, diantaranya mengawali dengan niat yang baik, membiasakan diri dalam membaca dan menulis hingga menerapkan metode dig deeper. Untuk menerapkan dig deeper yaitu dengan cara menanyakan “kenapa” dan “bagaimana” minimal lima kali. Metode tersebut dilakukan ketika sedang mempelajari suatu hal yang baru. Tentunya dengan metode tersebut informasi yang didapatkan lebih banyak dibandingkan dengan informasi mengenai penyelesaian masalah saja. Dalam slide presentasinya pun pemateri menyarankan beberapa website menarik seperti quora.com yang merupakan website “tanya-jawab” namun biasanya di dalam jawabannya terdapat lebih banyak informasi dibanding hanya sekedar menjawab pertanyaan.

“All you have to do in order to become an excellent programmer is fully understand what you are doing.” Merupakan kutipan yang diberikan sebagai penutup sekaligus pesan untuk para peserta yang masih mempunyai jalan panjang menuju masa depan. Acara dilanjutkan ke sesi pertanyaan yang disertai dengan pembagian hadiah bagi peserta yang telah berani berbagi kesiapannya menjalani masa depan. Acara resmi ditutup dengan penyerahan cindera mata dan sertifikat oleh perwakilan dosen.