Senin, 15 April 2019 telah dilaksanakan perkuliahan tamu yang kedua di tahun ini. Perkuliahan tamu ini dikhususkan bagi mahasiswa D4-2016 & D3-2017 Jurusan Teknik Komputer dan Informatika (JTK) POLBAN dalam mempersiapkan KP/PKL di bulan Juli ini. Tema yang dibawakan oleh Bapak Ahmad Rosadi Djokarsih sangat menarik yaitu mengenai “Implementasi TTD di API Programming”. Beliau merupakan seorang GM Ecosistem SME divisi Digital Service PT Telkom Indonesia. Beliau juga sampai saat ini sudah mengabdikan dirinya di PT Telkom Indonesia selama 21 tahun.

Bapak Bambang Wisnuadhi, M.T sebagai Ketua Jurusan, memberikan kata sambutan di awal kegiatan perkuliahan tamu ini. Perkuliahan tamu dengan tema yang telah disebutkan diatas, dilaksanakan dengan menampilkan slide materi yang telah dipersiapkan oleh pembicara. Pembicara mengawali materi kuliah tamu ini dengan menyebutkan beberapa kasus serta dampak kerugian yang ditimbulkan dari pengembangan software yang kurang baik. Dampak tersebut terjadi dikarenakan saat pelaksanaan proses TDD yang kurang lengkap.“DevOps without testing is an acceleration of software defects into production.” Kutipan disalah satu slide dari perkuliahan tamu ini, menjelaskan betapa pentingnya TDD dalam Software Quality. Software Quality sangatlah penting ketika software dirilis ke publik, karena kreadibilitas perusahaan IT dipertaruhkan dalam pembuatan software tersebut.¬† “Do things Right dulu” ucap Bapak Ahmad saat menjelaskan mengenai TDD cycle.

“Semakin banyak yang mengakses atau menggunakan API tersebut, maka testing yang dilakukan pada API tersebut semakin penting”¬†begitu yang disampaikan pembicara saat membahas bagian API. Mahasiswa yang menghadiri perkuliahan tamu sangat antusias dengan topik yang dibahas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pembicara. Jenis pertanyaan yang diajukan sangat variatif mulai dari teori hingga studi kasus yang kemungkinan terjadi sesuai dengan tema kuliah tamu ini . Acara ditutup dengan pemberian plakat oleh manajemen jurusan dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.