Pada hari Selasa, 2 April 2019 kegiatan kuliah bersama dosen tamu telah dilaksanakan. Pada kuliah ini, dosen tamu yang menjadi pembicara adalah Ibu Rinie Hassan, pesertanya merupakan tingkat akhir yang sedang mempersiapkan tugas akhir (TA). Tema yang dibahas adalah mengenai cara presentasi yang baik. Selama pembicara menyampaikan materi, mahasiswa terlibat aktif mulai dari pembelajaran materi hingga praktiknya.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Informatika. Mengawali materi kuliah, pembicara menyinggung analogi pada pertemuan pertama, yaitu tentang serigala yang berada di tubuh kita. “Jika kita memberi makanan yang positif pada serigala tersebut, maka serigala tersebut akan bertindak positif kepada kita. Namun, jika kita melakukan sebalikya, maka serigala juga akan bertindak negatif”.

Mahasiswa diminta untuk menyebutkan dan menuliskan 4 perasaan yang dirasakan saat akan presentasi TA. Mereka menyampaikan pendapatnya dan akhirnya mendapat kesimpulan bahwa gugup, tidak percaya diri, takut dan stress adalah perasaan yang mereka rasakan. Setelah itu, pembicara menyampaikan cara mengatasi perasaan-perasaan tersebut. Setiap ‘perasaan’ yang telah diberi tahu cara mengatasinya, mahasiswa diminta meremukkan kertas yang bertuliskan perasaan tersebut dan membuangnya ke lantai dengan penuh semangat seakan menandakan ‘Saya sudah tidak memiliki perasaan ini’. Setelah membuang semua perasaan tidak baik itu, dimulailah penyampaian materi mengenai cara presentasi yang baik dan menarik. Tak hanya mengenai materi saja, pembicara juga meminta peserta untuk melakukan simulasi terkait presentasi TA. Ibu Rinie memberi masukan kepada peserta yang telah melakukan simulasi.

Saat diwawancara, Ibu Rinie yang sudah sering datang ke JTK ini menyampaikan kesannya terhadap JTK. “Saya sangat senang dapat hadir ke JTK, karena mahasiswa dan dosennya memiliki hubungan yang dekat. Bahkan, dosen JTK  peduli kepada mahasiswanya. Seperti diskusi di kuliah tadi, masalah-masalah yang muncul tidak dibiarkan begitu saja, namun diselesaikan bersama. Seperti itulah, saya suka kepedulian dosen terhadap mahasiswanya” ujar Ibu Rinie. Salah satu kutipan dari kuliah tamu kali ini adalah ‘Speaking is sharing. Listening is caring.’