Minggu (17/11), Himpunan Mahasiswa Komputer Politeknik Negeri Bandung telah melaksanakan serangkaian kegiatan untuk mewadahi siswa SMA dalam melaksanakan Tantangan Beberas (Bebras Challange).

Bebras adalah sebuah inisiatif internasional yang bertujuan untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika), di kalangan guru dan murid mulai tingkat SD, serta untuk masyarakat luas. Cara yang dilakukan untuk promosi adalah dengan menyelenggarakan kegiatan kompetisi secara daring (on line), yang disebut sebagai “Tantangan Bebras”.

Tantangan dilaksanakan di lokasi perguruan tinggi Bebras Biro, sekolah-sekolah, atau lokasi lain yang ditunjuk oleh Bebras Biro. Pada tahun ini JTK Polban menjadi salah satu Bebras Biro dari peserta kompetisi yang berasal dari SMAN 2 Cimahi, SMAN 3 Cimahi dan SMAN 1 Cililin.

Tidak jauh berbeda dengan perlombaan Computational Thinking pada TISIGRAM 2019, para peserta yang berjumlah sekitar 20 orang ini diharuskan untuk memberikan solusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Permasalahan ini diberikan dalam bentuk soal yang disebut “Soal Bebras”.

Kegiatan dimulai dengan pembekalan untuk para peserta sekitar pukul 11.00 WIB yang dilanjutkan oleh acara utama yaitu perlombaan yang dimulai pukul 13.00 WIB. Semua kegiatan tersebut berlangsung di Lab ICT 1 di gedung JTK.