Sabtu (2/10), HIMAKOM bersama Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Polban telah berhasil melaksanakan acara Tisigram (Kompetisi Pemrograman) tahun 2019 secara langsung di gedung JTK Politeknik Negeri Bandung.

Tisigram merupakan program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Komputer (HIMAKOM) yang bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam bidang pemrograman serta problem solving.

Tisigram tahun ini terdiri dari Competitive Programming (CP) yang diikuti oleh mahasiswa JTK angkatan 2018 dan Computational Thinking (CT) yang diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Bandung Raya. Berbeda dengan tahun lalu yang terbagi menjadi beberapa cluster, CP kali ini tidak dibagi lagi menjadi beberapa cluster namun soal yang diberikan tetap bervariasi mulai dari soal mudah sampai sulit. Dengan begitu para peserta mahasiswa tetap mendapatkan soal yang sama persis antara satu dengan yang lainnya. Sedangkan untuk CT, peserta final tetap sama seperti tahun kemarin yaitu siswa SMA yang telah lolos dari babak penyisihan.

Acara dimulai dengan pembukaan di Ruang Serba Guna (RSG) gedung JTK sekitar pukul 08.30. Setelah diberi penjelasan mengenai kompetisi yang akan diadakan seluruh peserta menuju ke ruang lomba. Kompetisi CT berlangung selama 2 jam, sedangkan CP selama 4 jam. Peserta kembali ke RSG pukul 13.30, dilanjutkan dengan pembahasan soal CT dan CP serta pengumuman pemenang kompetisi. Berikut merupakan pemenang Tisigram 2019 :

Computational Thinking
Juara 1 : Rafi Rizqy Firdaus (SMAN 3 BANDUNG)
Juara 2 : Fadhillah Akmal (SMAN 2 CIMAHI)
Juara 3 : Bayu Samudra (SMAN 2 CIMAHI)
Honorable Mention : Vahri Endar Priyaqzhan (SMAN 2 CIMAHI)

Competitive Programming
Juara 1 : Raefaldhi Amartya Junior
Juara 2 : Hafiz Muhammad Fadli
Juara 3 : Winda Amelia Hidayat
Honorable Mention : Muhammad Zaki Devara

Acara diakhiri dengan penutupan dan pembagian doorprize pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB.

Selamat kepada para juara, semoga menjadi inspirasi bagi yang lain !