Sejak pukul 7.00 WIB para peserta pelatihan VSGA (Vocational School Graduate Academy) sudah memadati gedung JTK Polban untuk mengikuti Digital Talent Scholarship 2019 di kategori program VSGA.

Program ini merupakan program pelatihan bidang TIK yang berfokus dalam peningkatan kompetensi lulusan SMK yang belum bekerja. Program VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, dan Intermediate Animator.

Ketua Pelaksana kegiatan VSGA di JTK Polban, Ibu Ade Khodijah mengungkapkan bahwa tahun ini JTK Polban mendapat amanah dari Kominfo untuk menyelenggarakan pelatihan di bidang Junior Mobile Programer, Junior Network Administrator, dan Intermediate Animator.

“Totalnya 300 peserta yang terbagi pada 2 batch, batch 1 di bulan Juli, batch 2 di bulan Agustus.” ujarnya. Batch 1 sendiri sudah berlangsung sejak 8 Juli dan akan selesai pada 26 Juli 2019.

Peserta yang berjumlah 300 tersebut merupakan lulusan SMK terpilih yang telah lolos di lulus seleksi substansi dan administrasi secara online. Mereka yang terpilih nantinya juga akan mendapatkan uang saku sekitar 700 ribu rupiah agar dapat menunjang aktivitas selama masa pelatihan berlangsung.

Pelatihan VSGA yang akan dilaksanakan selama 72 jam atau 15 pertemuan yang diakhiri dengan ujian dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Peserta yang lulus nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Polban dan LSP terkait.

Kegiatan VSGA Digitalent ini tentunya akan memberi banyak manfaat kepada para peserta. Oleh sebab itu Bu Ade juga berharap peserta yang telah lulus dapat menggunakan kompetensi yang telah didapatkan untuk menjadi pemeran dalam perkembangan dunia digital saat ini, sehingga angka pengangguran pun dapat berkurang. “Hidup itu harus punya peran, saya berperan sebagai pengajar, peserta sebagai apa ? Semoga dengan kegiatan ini peserta dapat menemukan peran positifnya” harapnya.