Pada tanggal 27 April 2018, Tim “Liburan Penghuni JTK” menjuarai Mobile Apps Development Competition (MADC) di DSSDI Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tim yang beranggotakan Reka Alamsyah, Ujang Wahyu, Ferdhika Yudira, Hardiantoko Fathani (D4 T. Informatika 2015), dan Mazid Ahmad (D3 T. Informatika 2017) sukses meraih juara pertama di ajang Vocomfest 2018.

Sekilas Mengenai Kompetisi

Vocational Computer Festival (Vocomfest) merupakan serangkaian acara yang dilakasanakan oleh Himpunan Mahasiswa Komputer dan Sistem Informasi Sekolah Vokasi UGM yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Selain kategori MADC, tahun ini kontingen JTK juga mengirimkan satu tim pada final kategori International Collegiate Programming Contest (ICPC) yang diwakilkan oleh Tim “Kembali untuk Syafira” dengan anggota Muhammad Saiful Islam (D4 T. Informatika 2014), Muhammad Imam Fauzan (D4 T. Informatika 2014), dan Tiara Lestari Subaran (D4 T. Informatika 2017).

Perjuangan Meraih Juara

Perjuangan Reka dkk diawali dengan pembuatan aplikasi dan pembuatan video aplikasi. Bersaing dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, mereka berhasil menjadi 10 tim terbaik yang berhak lolos ke babak final.

Pada babak final, tim harus mengikuti pameran karya dan presentasi akhir di Kampus UGM Yogyakarta. Suasana sempat menegangkan, karena di akhir acara tim ini tidak berhasil meraih polling SMS tertinggi, namun kerja keras seluruh anggota tim terbayarkan saat GeoPark App berhasil menjadi juara 1 kategori MADC Vocomfest 2018.

Prestasi yang diraih tim “Liburan Penghuni JTK” menjadi motivasi bagi mahasiswa lain. Reka juga berpesan agar jangan takut untuk mengikuti lomba-lomba dan terus berusaha. “Ikutin lomba-lomba, jangan sampai berpikir saya gak bisa. Jujur saya ikutan lomba, android aja gak bisa namun dengan ‘dipaksa’ mengikuti lomba ini, mau gak mau saya jadi belajar dan dari situ saya bisa.” ujar Reka. (NA/SR)

Foto utama: Foto Tim Liburan Penghuni JTK saat menerima penghargaan.