Jurusan Teknik Komputer dan Informatika, Politeknik Negeri Bandung (JTK Polban) menerima kunjungan 84 siswa SMK Dinamika Arjawinagun Cirebon pada Rabu (20/12/2017). Hirfah Nadibah, STP.,S.Pd.I. selaku kepala sekolah SMK Dinamika Arjawinangun, mewakili rombongan mengucapkan terima kasih kepada JTK Polban yang telah menerima kunjungannya.

Rombongan tiba di gedung JTK Polban tepat pukul 8.00 WIB. Acara dibuka dengan sambutan Andi Kari, S. Sos, MM. selaku ketua tim Humas JTK Polban dan Yudi Widhiyasana, S.Si., M.T. dosen JTK Polban menggantikan ketua jurusan yang berhalangan hadir.

Dalam kesempatan tersebut, keduanya memaparkan tentang JTK Polban secara umum, sistem penerimaan, dan motivasi kepada para siswa. “Tidak ada alasan lagi untuk tidak kuliah, karena sekarang sudah ada bidik misi,” ujar Andi.

Acara berlanjut dengan pemaparan kegiatan kemahasiswaan dan prestasi mahasiswa pada berbagai kejuaraan oleh Pega Kurniawan (D3 Teknik Informatika 2016). Kemudian ada Muhammad Saiful Islam (D4 Teknik Informatika 2014) yang memaparkan suasana perkuliahan serta motivasi untuk masuk dunia informatika. “Kalo kalian dalami terus, kalian akan menemukan hal yang keren banget”, ujar Saiful.

JTK Polban sendiri bermula pada tahun 1977 saat Institut Teknologi Bandung mendirikan pendidikan D3 di bidang teknologi informasi yang bernama Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer (PAT-JPK). Kemudian, PAT-JPK beralih menjadi Jurusan Teknik Komputer Politeknik ITB dan berganti lagi menjadi Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung. Hingga kini JTK Polban memiliki program studi D4 dan D3 Teknik Informatika yang keduanya sudah terakredetasi A.

Acara diakhiri dengan tur jurusan, serah terima cinderamata, dan foto bersama. Diharapkan kunjungan ini dapat memberikan pencerahan kepada siswa SMK Dinamika Arjawinangun Cirebon agar dapat melanjutkan studinya dengan baik dan dapat memberikan gambaran yang lebih luas terkait bidang informatika. (NA/SR)