Pada tanggal 28 April 2017, dua orang mahasiswa Jurusan Teknik Komputer dan Informatika menorehkan prestasi kembali dengan menjuarai Kompetisi International Art Creativity Engineering pada 3rd INTERNATIONAL ART CREATIVITY ENGINEERING EXHIBITION (I + ACEH) 2017 kategori Electric Innovation. Tim yang beranggotakan Abdullah Geneardi Arsalan Nugraha (D3 Teknik Informatika), Reka Alamsyah (D4 Teknik Informatika), Mutiara Nurusyifa ( D4 Akuntansi), dan Ilham Winar N (D4 Teknik Otomasi Industri) ini telah berhasil mendapatkan medali emas pada kompetisi tersebut.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh ini mengundang peserta dari beberapa negara selain Indonesia seperti Malaysia, Philipina, Korea Selatan, Thailand, Bangladesh, Rumania, India bahkan Amerika. Dengan tujuan memperkuat serta meningkatkan minat masyarakat dalam pengembangan bidang sains dan teknologi, acara ini juga mengajak para peserta untuk mengembangkan ide dan fungsi IPTEK sehingga memunculkan karya teknologi yang lebih kreatif dan inovatif yang nantinya dapat dipakai dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Menurut pemaparan Reka Alamsyah, proses yang dijalani dalam mengikuti kompetisi ini ialah pembuatan abstrak yang kemudian diajukan untuk seleksi. Lalu, setelah dinyatakan lolos, bentuk prototype untuk ditampilkan pada pameran yang di laksanakan tanggal 27 April di kampus UUI. Dengan judul yang mereka ajukan, prototype tersebut dapat membuat terkesan para dewan juri.

Hal yang tersulit, menurut Abdullah Geneardi adalah bagaimana menyatukan hati dan pikiran agar terciptanya keselarasan dalam mengambil judul untuk diajukan. Juga, bagaimana tetap menjaga agar tidak terjadi perselisihan yang dapat membuat perpecahan dalam tim. Namun dengan seringnya bertemu dan bertukar pikiran, hal-hal tersebut dapat teratasi.

Selain itu, ia juga mengharapkan kesenangan yang dirasakannya saat ini dapat memicu teman-temannya untuk berkompetisi sehingga bisa terus mengukir sejarah di kejuaraan internasional lainnya. “Don’t be afraid while doing something, just try it even people say that you can’t. The only one know your self is you“, pungkasnya di akhir wawancara. (MR/BS/LL/SR)