Pada hari Minggu (7/5), Kompetisi Pemrograman (Tisigram) yang dihelat di gedung Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung telah berhasil diselenggarakan tanpa adanya kendala berarti. Tisigram sendiri merupakan program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa Komputer (HIMAKOM) yang bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih kemampuan pemrograman dasar, logika, matematika, dan problem solving dari anggota HIMAKOM XXXI atau JTK 2016. Peserta dari Tisigram dibagi menjadi empat cluster, dengan bobot soal paling mudah di cluster satu dan paling sulit di cluster empat.

Pada Tisigram tahun 2017 ini, terdapat peserta undangan dari mahasiswa se-Bandung Raya dan juga dari Asosiasi Mahasiswa Informatika (AMIF), di mana peserta merupakan mahasiswa dari Telkom University, Politeknik Pajajaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Jenderal Ahmad Yani, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, dan UIN Sunan Gunung Djati. Peserta undangan dari AMIF dan juga eksternal lainnya hanya diperbolehkan untuk mengikuti cluster empat.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.15 hingga apukul 16.30 ini, dihadiri oleh 78 peserta dari 116 peserta yang mendaftar. Peserta dibagi kedalam llima ruangan dengan pengklasifikasian ruangan berdasarkan cluster. Sebelum Tisigram 2017 ini dimulai, peserta memperoleh warming up soal agar dapat terbiasa dengan cara pengerjaan dan sistem yang digunakan.

Waktu pengerjaan soal adalah 240 menit dengan total delapan butir soal untuk setiap cluster. Seluruh peserta begitu tekun dalam mengerjakan tiap soal yang diberikan hingga beberapa bahkan tidak mengambil break snack yang disediakan hingga waktu kompetisi habis. Selama kompetisi berlangsung, persaingan agar dapat menyelesaikan soal di setiap clusternya berbeda-beda, seperti pada cluster 4 yang persaingan scoreboardnya begitu ketat. Saat pelaksanaan, tidak terdapat kendala teknis yang fatal, hanya terdapat beberapa kesalahan konfigurasi pada sistem yang tidak berdampak cukup banyak terhadap jalannya kompetisi.

Usai kompetisi, dilakukan pembahasan soal-soal kompetisi oleh scientific commitee yang kemudian dilanjutkan oleh pengumuman pemenang dan pembagian doorprize untuk para peserta. Sesi pembagian doorprize disambut dengan antusias, terutama saat diumumkan bahwa salah satu doorprize yang dibagikan tertempel di bagian bawah kursi yang diduduki oleh peserta.

Total pemenang Tisigram berjumlah empat belas orang, dengan tiga orang dari cluster satu, tiga orang dari cluster dua, empat orang dari cluster tiga, dan lima orang dari cluster empat. Pemberian hadiah kepada para pemenang dilakukan oleh M. RidwanFathin selaku ketua pelaksana, Reka Alamsyah selaku ketua Himpunan Mahasiswa Komputer, Ani Rahmani, S.Si., M.T., selaku Sekretaris Jurusan I, dan Jonner Hutahaean, BSET., M.Info.Sys. (AR/SR/MS)


Pemenang Tisigram 2017 adalah :

Cluster 1 :

Juara1 : Muhammad Alwan Farid (PoliteknikNegeri Bandung)

Juara2 :Fauzi Nur Noviansyah (PoliteknikNegeri Bandung)

Juara3 : Muhammad Faatih Syauqi (PoliteknikNegeri Bandung)

Cluster 2 :

Juara1 :Firya Nadhifa (Politeknik Negeri Bandung)

Juara2 : Nino Maryono (Politeknik Negeri Bandung)

Juara3 : Auliya Aqma Dinillah (Politeknik Negeri Bandung)

Cluster 3 :

Juara1 : Delta Rahmat Fajar Delviansyah (Politeknik Negeri Bandung)

Juara2 : Fadhil Sofian (Politeknik Negeri Bandung)

Juara3 : Achmad Fadhitya Muharam (Politeknik Negeri Bandung)

Juara 3 (denganskor yang sama) : Moch. Dhandy Friyadi (Politeknik Negeri Bandung)

Cluster 4:

Juara1 : Ahmad Izzan (Institut Teknologi Bandung)

Juara2 : Jehian Norman Saviero (Institut Teknologi Bandung)

Juara3 : Irsyad Farhan Ramadhan (Politeknik Negeri Bandung)

Juara4 : Fahmi Rosdiansyah Mahdani (Politeknik Negeri Bandung)

Juara5 : Ahmad Fahmi Pratama (Institut Teknologi Bandung)