Sepuluh mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Politeknik Negeri Bandung mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat institusi tahun 2017 yang digelar di Gedung Direkorat Politeknik Negeri Bandung pada hari Kamis (30/3) dan Senin (3/4). Adapun kegiatan Pilmapres kali ini bertujuan untuk memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan budaya akademik yang lebih baik serta memilih wakil mahasiswa berprestasi dari Politeknik Negeri Bandung untuk mengikuti pilmapres tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pada kesempatan ini JTK akhirnya memperoleh peringkat 1 atas nama Muhammad Saiful Islam (D4 Teknik Informatika 2014) dengan karya tulisnya “Inisiasi Penerapan Knowledge Management Pada Organisasi Kemahasiswaan dengan Perangkat Lunak MediaWiki” dan peringkat 4 atas nama Eva Danti Rahmanita (D4 Teknik Informatika 2014) dengan karya tulis “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Flashcard Alfabet untuk Pengenalan Abjad Bahasa Isyarat kepada Anak Tunarungu”.

Unsur penilaian pada pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini antara lain IPK, karya tulis ilmiah (Penulisan dan Presentasi), prestasi yang diunggulkan dan kemampuan Bahasa Inggris. Saiful memperoleh skor akhir 96.68 yang mengantarkannya ke kancah nasional. Pilmapres Nasional akan dimulai dari tanggal 24 April – 13 Juli 2017 dengan 5 rangkaian kegiatan. Langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh Saiful yaitu mengikuti pembinaan dan pengarahan Pilmapres tingkat nasional termasuk pematangan konsep karya tulis ilmiah yang nantinya akan dipresentasikan serta pelatihan kepribadian.

Setelah melewati persiapan dan perjalanan yang cukup panjang, Saiful mengungkapkan tidak menduga bahwa dirinyalah yang akan mewakili POLBAN di tingkat nasional nanti.

“Alhamdulillah bersyukur karena sama sekali tidak mengira mendapat penilaian yang baik, mudah-mudahan jadi introspeksi yang baik juga bagi saya. Pesannya, mohon doanya, semoga bisa sesuai dengan titel yang diamanahkan, dan bisa membawa nama baik jurusan dan politeknik di tingkat nasional, serta ide yang dibawakan bisa menjadi solusi.”

Mohon dukungan serta doa untuk meraih prestasi di kancah nasional untuk POLBAN yang unggul dan berprestasi. (SR/MS)

mawapres-polban