Pada hari Sabtu (24/9), Politeknik Negeri Bandung melaksanakan acara wisuda untuk seluruh program studi D3 angkatan 2013. Jurusan Teknik Komputer dan Informatika bersama Himpunan Mahasiswa Komputer pun mengadakan pelepasan wisudawan untuk memperingati kelulusan mereka. Diawali dengan penjemputan wisudawan dari Pendopo Polban oleh anggota Himpunan Mahasiswa Komputer menuju Gedung Jurusan Teknik Komputer sambil diiringi yel-yel dan jargon.

Pada pukul 13.05 WIB acara utama yaitu Pelepasan Wisudawan oleh Jurusan Teknik Komputer di Ruang Serba Guna JTK pun dimulai. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai silaturahmi antara manajemen jurusan dan orang tua wisudawan. Kegiatan dibuka oleh penampilan dari nasyid Himpunan Mahasiswa Komputer dan dilanjutkan dengan tilawah dan sari tilawah oleh mahasiswa JTK yaitu M. Saiful Islam dan Indah Rofiyani.

Selanjutnya sambutan dari Iwan Awaludin, S.T., M.T. selaku Sekretaris 1 Jurusan Teknik Komputer dan Informatika yang mewakili Ketua Jurusan bersama manajemen mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya, dan berharap mudah-mudahan apa yang telah dilalui oleh para wisudawan semasa perkuliahan di JTK nantinya bisa membahagiakan dan bermanfaat untuk nusa dan bangsa. Setelah itu, sambutan dari Ketua Program Studi D3 Teknik Informatika yaitu Ir. Irawan Thamrin, M.T. yang mengucapkan terima kasih atas kepercayaan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di kampus Politeknik Negeri Bandung khususnya di Jurusan Teknik Komputer dan Informatika, tak lupa juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dan menitip pesan bahwa setelah lulus dari pendidikan ini maka kemungkinan hal yang dilakukan itu adalah kerja, menikah, atau melanjutkan kuliah untuk gelar D4 dan S1. Maka beliau berpesan karena untuk melanjutkan kuliah D4 dan S1 hanya bisa dilakukan ditempat lain maka jika para wisudawan ingin meneruskan dianjurkan agar mencari yang memiliki akreditasi minimal B.

Kemudian pada pukul 13.20 WIB acara dilanjutkan oleh sambutan orang tua wisudawan perwakilan D3 yaitu Ridwan selaku orang tua dari Pahlevi Ridwan Putra, program studi D3 Teknik Informatika angkatan 2013 yang pada sambutannya menyampaikan mewakili orang tua mahasiswa yang lulus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, menurutnya semua yang telah dilalui itu sangat berarti dan akan terus dikenang. Beliau juga menyampaikan bahwa acara pelepasan ini bukanlah akhir tapi para orang tua akan selalu menjalin silaturahmi dengan institusi, tak lupa juga mewakili para orang tua, beliau berterima kasih kepada POLBAN khususnya Jurusan Teknik Komputer dan Informatika karena tiada sukses diraih tanpa keterlibatan orang lain. Beliau juga berpesan agar para orang tua berani untuk melepaskan anak mereka agar terbang bebas.

Setelah itu sambutan mahasiswa oleh Pahlevi Ridwan Putra selaku perwakilan mahasiswa D3 Teknik Informatika yang menyampaikan bahwa perpisahan bukanlah akhir melainkan adalah awal yang baru. Beliau juga menyampaikan 3 hal penting, yaitu pertama mewakili rekan-rekan mengucapkan terima kasih kepada orang tua karena telah bersusah payah membanting tulang dan bekerja keras untuk bisa menyekolahkan anaknya, tak lupa terima kasih pun diucapkan kepada manajemen khususnya Jurusan Teknik Komputer dan Informatika yang telah memberikan pelayanan di sisi pendidikan, dll. Kedua, mewakili para wisudawan memohon maaf kepada orang tua atas kesalahan yang pernah dilakukan selama perkuliahan, dan memohon maaf juga kepada dosen karena kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat pembelajaran. Terakhir, mewakili D3 Teknik Informatika meminta maaf kepada semua dan memohon agar di awal ini diberikan kesehatan dan hidayah agar tetap positif kedepannya.

Setelah itu acara diselingi oleh hiburan akustik oleh Fadhlan Ariq Mahmoeddin yang bernyanyi sambil memainkan gitar membawakan dua buah lagu sebagai persembahan kepada para wisudawan yang baru saja lulus. Orang tua para wisudawan terlihat senang dan cukup menikmati hiburan yang diberikan.

Acara utama pun dimulai pukul 13.45 WIB yaitu pelepasan wisudawan yudisium 1 program studi D3 Teknik Informatika oleh Irawan, dalam pelepasan itu beliau berkata bahwa saat awal pertemuan 3 tahun lalu ketika manajemen bertemu dengan orang tua untuk mengenalkan kampus POLBAN hingga pertemuan kedua ketika mahasiswa sudah menyelesaikan pendidikannya di kampus tercinta ini, itu semua tidak lepas dari bimbingan orang tua. Dan dosen pun sudah berusaha membantu secara maksimal dengan mengajar seluruh mahasiswanya. Beliau pun berpesan kepada para mahasiswa yang lulus ini untuk selalu menjaga nama baik almamater, beliau pun tak lupa mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan dan mengembalikan mereka kepada para orang tua dengan harapan mereka menjadi lebih baik lagi dan sukses selalu kedepannya.

Dengan begitu, acara pelepasan pun telah selesai dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Sukma Setyaji mahasiswa JTK angkatan 2015.

Sebelumnya, pada hari Jumat (23/9), telah dilaksanakan prosesi wisuda program studi D4 Teknik Informatika di Pendopo Agung Politeknik Negeri Bandung. Namun, karena wisuda dilaksanakan pada hari Jumat dan atas permintaan para wisudawan, maka jurusan tidak mengadakan acara pelepasan wisudawan. (LL/MS)

Foto utama: Suasana setelah pelepasan wisudawan oleh Himpunan Mahasiswa Komputer.