Rabu (22/8) Mahasiswa Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung angkatan 2015 melakukan Kunjungan Industri ke PT. Global Digital Niaga (blibli.com) yang berlokasi di Jalan Aipda K. S. Tubun II C No. 8, Jakarta Barat. Rombongan yang juga didampingi oleh tiga orang wali dosen dari setiap kelas yaitu Irwan Setiawan, S.Si., M.T., Santi Sundari, S.Si., M.T., dan Ade Chandra Nugraha, S.Si., M.T., tiba di tempat tujuan pada pukul 14.10 WIB di warehouse milik PT. Global Digital Niaga (bllibli.com). Perjalanan dilanjutkan ke kantor blibli.com dengan berjalan kaki, dikarenakan jarak yang berkisar 500 meter dan ruas jalan yang menyempit, sehingga tidak memungkinkan rombongan turun tepat di pelataran kantornya.

Jurusan Teknik Komputer dan Informatika disambut hangat oleh tuan rumah yang diwakili oleh staff HRD blibli.com. Suasana kantor yang hangat membuat penat karena macetnya kota Jakarta terasa sirna dan kembali bersemangat. Rombongan langsung diarahkan menuju ruangan yang telah disediakan yang terletak di lantai 3.

Acara dibuka oleh Diniar Julia Safitri dari blibli.com selaku MC, acara pertama yaitu sambutan dari HRD blibli.com dan Ade Chandra selaku perwakilan Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung. Acara selanjutnya yaitu penjelasan Company Profile blibli.com yang diakhir penyampaian ditutup dengan pemberian doorprize dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan ringan seputar blibli.com.

Acara inti dari kunjungan industri kali ini yaitu sesi diskusi materi tentang dunia IT yang diisi oleh tiga orang pemateri yaitu, Arief Prastowo (Dev Team), Yudi (Senior Principle Soft Dev), dan Mahdal (Quality Asurance). Pembahasan materi cukup banyak yang meliputi Microservice Architecture yang diterapkan di blibli.com, project manager dan bahkan dasar-dasar dari pembuatan sistem blibli.com itu sendiri. Karena peserta merupakan mahasiswa yang baru saja menginjak tingkat 2, pembahasan tidak begitu mendalam, namun hal tersebut tidak membuat suasana menjadi sepi, antusias terlihat ketika sesi tanya jawab dibuka. Tak lupa pihak blibli.com sudah menyiapkan banyak doorprize yang membuat suasana semakin ramai, baik ketika diskusi maupun tanya jawab.

Tak terasa waktu diskusi begitu cepat, akhirnya acara ditutup pada pukul 16.30 WIB. Diakhir acara tak lupa juga pemberiaan plakat dari pihak Politeknik Negeri Bandung kepada blibli.com, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Kantor yang begitu nyaman dan mengesankan, peserta berkeliling kantor untuk melihat pengaplikasian dan suasana perkantoran sebelum akhirnya beranjak untuk melanjutkan perjalanan pada pukul 17.10 WIB. Sebelumnya telah disepakati bahwa rombongan akan langsung melakukan perjalanan kembali ke Bandung, dikarenakan waktu yang sudah menuju malam sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan kunjungan wisata terlebih dahulu ke Monumen Nasional dan Kota Tua.

Suasana jalan pada jam pulang kantor memang padat meskipun itu di ruas tol dalam kota, akhirnya rombongan tiba di salah satu rumah makan yang terletak di rest area  pada pukul 20.00 WIB untuk melaksanakan santap malam. Pada pukul 21.00 WIB, akhirnya rombongan melanjutkan perjalan menuju Politeknik Negeri Bandung dan tiba pukul 22.30 di kampus tercinta dengan selamat. (SR)