Pada hari Rabu (2/3), UPT Bimbingan, Konseling, dan Pendampingan (BKP) Politeknik Negeri Bandung menyelenggarakan roadshow bagi mahasiswa JTK angkatan 2015. Kunjungan BKP ke JTK merupakan kunjungan pertama dari 14 kunjungan yang dijadwalkan bagi 14 jurusan yang ada di Polban.

Roadshow diselenggarakan di Ruang Serbaguna, lantai 2 gedung JTK Polban pada pukul 15.30 WIB, dengan materi dari Muhammad Arman, S.T., S.Psi., M.T. selaku Ketua UPT BKP Polban. Pada kesempatan ini, Arman membahas mengenai permasalahan yang biasa dialami oleh mahasiswa tingkat satu, seperti kesulitan mengatur waktu belajar, kurangnya motivasi dan semangat belajar, salah cara belajar, sulit menyesuaikan diri, toleransi tinggal di asrama/tempat indekos, dan frustasi serta konflik pribadi.

Ditanyai mengenai kegiatan tersebut, Novia Sukmasari, salah satu mahasiswa JTK mengaku mendapatkan pengetahuan baru serta sedikit-banyak termotivasi dari kegiatan tersebut. Terutama, karena permasalahan yang dibahas memang merupakan hal-hal yang sedang dialami oleh para mahasiswa tingkat 1, dan juga ada masalah-masalah yang tidak disadari sebelumnya.

Selain itu, Nita Amelia, mahasiswa JTK lainnya juga mengungkapkan bahwa setelah pengumuman hasil semester pertama di JTK, banyak yang merasa kecewa dengan perolehan akademik masing-masing. Karenanya, roadshow yang diselenggarakan UPT BKP ini cukup bagus. Selain itu, penyampaian Arman sebagai pemateri — yang juga merupakan lulusan S-1 Psikologi Universitas Padjadjaran tahun 1997 — dinilai baik karena dapat “menggali” para mahasiswa yang ragu untuk mengungkapkan pikirannya. (MS)

Foto utama: Muhammad Arman pada sesi tanya jawab setelah penyampaian materinya di Roadshow UPT BKP Polban. (Sumber: Departemen Komunikasi dan Informasi, Himpunan Mahasiswa Komputer)