Pada hari Sabtu (5/12), empat orang mahasiswa JTK, Reka Alamsyah (151524025/D4-TI), Muhammad Rubiyanto Permana (141524019/D4-TI), Nita Amelia Wijaya (151511055/D3-TI), dan Rio Novirdian Abishah Putra (151511027/D3-TI) dalam satu tim Pamuda Sunda berkolaborasi dengan dua orang siswa SMA Negeri 23 Bandung berhasil mendapatkan juara III dalam kompetisi Viral Video Competition dalam kegiatan Smart Generation for Smart City Competition yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPIK ITB), Smart Indonesia Initiatives (SII), dan BlackBerry Innovation Center ITB.

Tim Pamuda Sunda mencoba mengangkat awareness generasi muda Indonesia terhadap permainan tradisional Indonesia, khususnya permainan tradisional khas Sunda yang mulai ditinggalkan. Keprihatinan juga bertambah ketika generasi muda Sunda saat ini lebih cepat memahami budaya luar dibandingkan budayanya sendiri. Upaya ini dibungkus oleh Pamuda Sunda dalam sebuah branding “Kaulinan Barudak”.

Tujuan dari Viral Video Competiton ini adalah untuk meningkatkan partisipasi komunitas untuk menjadi pioneer gerakan perubahan sosial di setiap kota terhadap perkembangan karakter penduduk kota terhadap karakter kota. Selain itu, tujuan lain dari kompetisi tersebut adalah untuk mengangkat semangat komunitas ke permukaan untuk dapat mempengaruhi penduduk kota lainnya dalam isu-isu yang menjadi perhatian para komunitas. (MS)

Foto utama: Rubiyanto, Reka, dan Nita di Cikapundung Riverspot setelah malam penganugerahan penghargaan Smart Generation for Smart City Competition.