Pada hari Minggu (4/10), TimIOT-JTK1 yang beranggotakan Pahlevi Ridwan Putra (131511019/D3-TI), Muhammad Husain Fadhlullah (141524017/D4-TI), dan Hanna Hafifah Yasmin Supriady (141511045/D3-TI) berhasil meraih First Winner of Internet of Things Category dan Transportation and Public Facility Award pada gelaran Compfest7 yang dilaksanakan di Universitas Indonesia.

TimIOT-JTK1 membawa gagasan “Angkot Tracer”, sebuah set teknologi berbasis Internet of Things untuk membantu keterselenggaraan transportasi publik  yang mendukung ketercapaian smart city. Dengan Angkot Tracer, pengguna dapat melacak lokasi angkot terdekat, mengetahui jumlah penumpang pada angkot tertentu, dan mendapatkan notifikasi jika angkot dengan rute yang diinginkan ada di sekitar lokasi pengguna.

Angkot Tracer selanjutnya akan dikembangkan melalui kerjasama dengan proyek Bandung Smart Transportation System (BSTS) yang dikembangkan di LSKK Research Group ITB.

Internet of Things (IoT) Competition merupakan kompetisi di mana peserta diberikan kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi di bidang IoT sesuai dengan tema kompetisi, yaitu Build Limitless Connection of Things to Shape the City of Tomorrow.

CompFest7 merupakan acara IT tahunan yang dipersembahkan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009, tahun ini CompFest kembali hadir dengan nama CompFest7 dan membawa tema “Raising IT Awareness for A Perfect IT Impact in Indonesia”. CompFest7 menyajikan berbagai kompetisi berskala nasional serta acara berkualitas seperti Seminar, Playground, Animation dan Startup Academy, serta Main Event.

Selamat untuk Pahlevi, Husain, dan Hanna! Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang berkah dan menginspirasi mahasiswa JTK lainnya. (MS)

Foto utama: Pahlevi, Husain, dan Hanna setelah Awarding Session Compfest7 di Universitas Indonesia.

Berikut ini adalah submisi video dari TimIOT-JTK1: